Banner 468x60

Jumat, Agustus 01, 2008

(Profil) Sang Inspirator McCartney

foto: istimewa

Photobucket

Dibandingkan dengan personil The Beatles yang lain, nama Paul McCartney-lah yang paling sukses dalam bersolo karir hingga saat ini. Mungkin, hanya John Lennon yang bisa menyaingi jika ia tidak ditembak mati oleh Mark David Chapman. Silahkan berdecak kagum melihat apa yang telah ditorehkan oleh pria yang bernama lengkap James Paul McCartney. Ia masuk dalam Guinness World Records sebagai musisi dan komposer paling sukses dengan 60 gold disc dan penjualan singles-nya yang lebih dari angka 100 juta. Lagu “Yesterday” pun menjadi lagu yang telah berkumandang sebanyak 7 juta kali di televisi dan radio Amerika. Salah satu pendiri The Beatles ini juga disebut sebagai “the most influential and successful songwriting partnerships in rock and roll history” bersama Lennon.

Photobucket masa-masa indahnya bersama Lennon

McCartney dilahirkan di Liverpool, Inggris pada 18 Juni 1942. Ia bertemu dengan George Harrison dalam sebuah bus dan langsung ngobrol tentang gitar dan rock ‘n roll. Akhirnya, McCartney mengajukan Harrison sebagai pemain gitar untuk The Quarrymen, band milik Lennon. Sedangkan, ia mengisi posisi bassist, yang saat itu baru ditinggal oleh Stuart Sutcliffe karena perselisihan. Pada Mei 1960, setelah mencoba beberapa nama baru untuk band ini--termasuk The Silver Beetle--akhirnya terpilihlah nama The Beatles, yang untuk kemudian, langsung diperkenalkan saat tampil di Hamburg, Agustus 1960.

Kesuksesan The Beatles pun mencapai puncaknya. Invasi mereka meracuni musik Amerika yang monoton. Majalah Rolling Stone versi Amerika menyebutkan bahwa band Liverpool ini secara musikal memang sudah berada jauh di depan angkatannya. Bahkan setelah penampilan The Fab Four di Ed Sullivan Show pada tanggal 9 Februari 1964, tidak ada satupun yang mampu memainkan rhythm pembukanya dengan benar; selain mereka tentunya.

McCartney menjadi personel pertama yang bereksplorasi di luar The Beatles seiring pernikahannya dengan Linda Eastman pada 12 Maret 1969. Ia terlibat dalam soundtrack untuk The Family Way tahun 1966. Seminggu sebelum debut album solo, McCartney, dirilis pada tanggal 10 April 1970, ia mengumumkan bahwa band yang telah membesarkan namanya itu bubar karena perbedaan pendapat. Akibatnya, ketegangan antara dia dengan tiga personel lainnya, khususnya Harrison dan Lennon, meningkat, dan berlanjut pada rasa dendam serta hujanan kritik. Meskipun begitu, album McCartney tetap menjadi hits, menghabiskan 3 minggu di puncak charts Amerika.

Photobucket
bersama Linda Eastman


Mantan bassist dan vokalis The Beatles ini diangkat sebagai ‘Member of the Order of the British Empire’ (MBE) tahun 1965, dan menjadi ‘Knight’ tahun 1997. Setahun kemudian, istrinya meninggal setelah berjuang melawan kanker payudara. Sebuah peristiwa yang menyedihkan, yang kabarnya, mempengaruhi kemunculan sikapnya yang low profile. Pada musim gugur 1999 ia kembali memproduksi album Run Devil Run yang dianggap sebagai pembuka kehidupan barunya.

Memory Almost Full, albumnya di tahun 2007, masihlah menjadi sekumpulan karya McCartney yang menarik untuk disimak. Bahkan Bob Dylan pernah berkomentar setengah iri dengan menyebutkan bahwa apapun yang diucapkan McCartney seolah terbingkai dengan nada. Dalam album ini, cerita yang ia ‘bingkai’ masih kisah seputar memori di dalam kehidupannya, termasuk sang istri, Linda Louise McCartney. Kabarnya, album ini menjadi anagram dari ungkapan "for my soul mate LLM (Linda Louise McCartney)". Namun seperti biasanya (seperti yang juga terjadi pada pertanyaan-pertanyaan penasaran seputar album Sgt. Pepper), Paul membiarkan nama albumnya itu –termasuk tebakan soal anagram— sebagai sebuah misteri. “Dengan begitu, album ini akan terasa komplit,” dalihnya.

Photobucket
McCartney sang inspirator


Ada anggapan bahwa orang yang ‘hidup’ adalah orang yang tak pernah berhenti mencipta. Demikian pula McCartney. Di saat seharusnya ia menikmati segala pujian, pikirannya terbagi dengan segala rencana soal album terbaru. Ada saja yang ingin diceritakannya, lalu dikomposisikannya. Lalu di saat bersamaan, ia menyempatkan diri menjadi aktivis penyayang binatang, vegetarianisme, perduli pada kepelikan soal ranjau darat, dan mengalihkan perhatian pada negara-negara dunia ketiga. Betapa, ia telah menjadi seseorang yang begitu inspiratif.

(tulisan gue ini pernah dimuat di Listen! Magazine edisi Juli 2007)

Tidak ada komentar: