Banner 468x60

Jumat, Agustus 01, 2008

Mengemas Ulang Punk Rock

Vampire Weekend
Vampire Weekend
XL Recordings / Aksara Records

Photobucket

Di jaman yang semakin canggih, arus informasi bergulir sangat cepat. Bahkan kita dapat mengetahui sebuah berita dari suatu tempat di belahan dunia nun jauh di sana hanya selang hitungan detik saja. Terlebih ketika blog diberdayakan secara maksimal untuk mempromosikan sesuatu, seperti yang dilakukan oleh Ezra Koenig (vokal, gitar), Rostam Batmanglij (keyboard, gitar), Chris Tomson (drum), dan Chris Baio (bass) ketika ‘menjual’ Vampire Weekend melalui internet dan menjadi ‘band blog’ fenomena tersendiri yang ramai dibicarakan orang.

Tidak ada yang mengira jika kuartet ini berasal dari New York. Bagaimana tidak? Yang terdengar dari album ini adalah indie rock Inggris dipadukan dengan Irish folk dan sound benua Afrika yang begitu tenang dan eksotik. Apalagi band yang namanya diambil dari proyek film besutan mereka sendiri yang kemudian judulnya dijadikan nama band ini pandai sekali memilih ketukan sehingga memberi kekayaan dalam setiap lagunya. Hasilnya? Simpel, segar, namun sulit ditebak.

Photobucket foto: istimewa

Lagu “Mansford Roof” terdengar begitu indah mengisi alur yang membuat ketagihan. Pakem punk pun dirombak menjadi lebih menarik dalam “A-Punk” dengan tambahan suara flute. Lainnya pun membuat penasaran untuk disimak, seperti “Cape Cod Kwassa Kwassa”, “M79”, “Oxford Comma”, ataupun “Campus”. Empat lelaki ini telah mendengarkan hasil rekaman Afro-pop dan berhasil menuangkannya kembali ke dalam musik Vampire Weekend dengan sama baiknya.

(review gue ini pernah dimuat di Listen! Magazine edisi April 2008)

Tidak ada komentar: