Banner 468x60

Jumat, Agustus 08, 2008

Dance Floor Queen

Penyanyi-penari-penginspirasi tren yang punya prestasi 10 album. Madonna mengawali semua itu dengan nekat pergi ke kota, berbekal segelintir dolar, sampai akhirnya menikahi Sean Penn.

Memperoleh kehidupan yang sukses di kota besar seringkali menjadi mimpi semua orang. Hal itu pun pernah dialami Madonna, seorang gadis dari keluarga Katolik yang besar di pinggiran kota Detroit. Semasa sekolah, ia adalah anggota cheerleaders. Ia juga pandai, dan selalu mendapatkan nilai A di kelasnya. Tak heran, Universitas Michigan memberikannya beasiswa. Di tahun kedua, keputusannya untuk pergi ke salah satu kota tersibuk di dunia itu menjadi pengalaman pertama untuk berbagai macam hal, seperti terbang dengan pesawat dan naik taksi dengan hanya berbekal uang 35 dolar AS di kantongnya.

Photobucket
foto: istimewa

Titik awal karir keartisan Madonna pun dimulai ketika ia menimba ilmu pada Alvin Ailey. Perempuan kelahiran 16 Agustus 1958 di Bay City, Michigan, Amerika Serikat ini memantapkan karirnya sebagai penari. Pada tahun 1979, ia diajak bergabung mengiringi artis asal Perancis, Patrick Hernandez, untuk tur dunia.

Setelah terlibat asmara dengan Dan Gilroy, Madonna sempat membentuk sebuah band, Breakfast Club, dan memegang peran sebagai vokal dan penabuh drum. Setahun kemudian, bersama pacar lainnya, Stephen Bray, yang juga rekan satu band lain (bernama Emmy), ia memproduksi lagu-lagu dance dan memperdengarkannya ke klub-klub lokal di New York. Tahun 1982, karya-karyanya itu membuat terkesan Mark Kamins seorang produser rekaman yang juga DJ. Akhirnya, perempuan yang pernah bekerja di gerai Dunkin’ Donuts ini menandatangani kontrak dengan Sire Records, di bawah naungan Warner Bros Records, untuk melahirkan debut album Madonna di bulan Juli tahun berikutnya.

Popularitasnya semakin menanjak saat album kedua, Like A Virgin, dirilis akhir tahun 1984. “Like A Virgin” – yang didedikasikannya untuk para perawan di seluruh dunia – mencatat platinum di berbagai negara, seperti Australia, Perancis, Inggris, dan tentu saja Amerika Serikat. Lagu lainnya seperti “Material Girl”, “Dress You Up”, dan “Angel” juga bernasib mujur. Ia pun diuluki ‘Material Girl’ oleh media massa. Kesuksesannya ini memancingnya untuk mulai terjun ke dunia film. Di sini lah kemudian sang biduan menikah dengan dengan aktor Sean Penn.

Photobucket
foto: istimewa

Karir musik Madonna terbilang sukses hingga saat ini. Penjualan seluruh albumnya tercatat sudah mencapai lebih dari 232 juta kopi di seluruh dunia. Bahkan, ia pernah dicatat dalam daftar "World’s Most-successful Female Musician" oleh Guinness Book of Records pada tahun 2001. Meski demikian, kontroversi kerap menjadi teman baik sang diva, salah satunya ketika sebagian masyarakat Argentina protes saat ia memerankan Eva Peron di film Evita.

Di tahun ini, ia tetap produktif, khususnya dalam bidang musik. Salah satu penggagas tren gaya musik, busana, hingga tatanan rambut ini siap meluncurkan album terbarunya melalui label Live Nation setelah kontrak dengan label lamanya, Warner Bros Records, tidak diperbaharui. Album Hard Candy pun laris manis di pasaran.

Tidak ada komentar: